Notaris PPAT : WA 0811 8189 504

kantor-notaris-dan-ppat-di-kota-administrasi-jakarta-utara-featured

Kantor Notaris dan PPAT di Kota Administrasi Jakarta Utara

Hubungi Ibu Lina Marliyani 0811 8189 504, Bila Anda Membutuhkan Jasa Layanan Kantor Notaris dan PPAT di Kota Administrasi Jakarta Utara. SIAP MEMBANTU Pengurusan dan Pengesahan Dokumen Perjanjian Anda.

Kantor Notaris dan PPAT di Kota Administrasi Jakarta Utara

Ibu Lina Marliyani 0811 8189 504 Siap Membantu Saat Anda Memerlukan Layanan Kantor Notaris dan PPAT di Kota Administrasi Jakarta Utara, Terutama Dalam Hal Pembuatan Akta Tanah, Pengurusan dan Pengesahan Dokumen Perjanjian, serta Dokumen Perusahaan Anda.

Di dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik Notaris ataupun Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) adalah seorang Pejabat Umum yang diberi wewenang untuk membuat akta otentik tertentu.

Perbedaan dari jabatan Notaris ataupun Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) tersebut adalah landasan hukum yang digunakan dalam mengatur tugas pokok dan fungsi dari masing-masing jabatan tersebut. Tugas pokok dan fungsi seorang Notaris diatur dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris.

Sedangkan jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) diatur antara lain dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah, Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah, dan Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1 Tahun 2006 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 Tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah.

Layanan Kantor Notaris

Notaris adalah Pejabat Umum Yang Berwenang Untuk Membuat Akta Notaris dan Kewenangan Lainnya.

kantor-notaris-dan-ppat-di-kota-administrasi-jakarta-utara
Kantor Notaris dan PPAT di Kota Administrasi Jakarta Utara

Layanan yang dapat diberikan oleh Kantor Notaris dan PPAT di Kota Administrasi Jakarta Utara antara lain membukukan surat-surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus (waarmerking), menyiapkan salinan dari asli surat yang dibawa tangan berupa salinan yang memuat uraian sebagaimana ditulis dan digambarkan dalam surat yang bersangkutan, serta melakukan pengesahan kecocokan fotokopi dengan surat aslinya (legalisir).

Di samping itu, seorang dengan jabatan Notaris memiliki tugas dan fungsi untuk memberikan penyuluhan hukum sehubungan dengan pembuatan akta, dan juga memiliki wewenang untuk membuat akta yang berhubungan dengan pertanahan, serta membuat akta risalah lelang.

Notaris juga berwenang untuk membetulkan kesalahan tulis dan/ atau kesalahan ketik yang terdapat pada minuta akta yang telah ditandatangani, dengan membuat berita acara (BA) dan memberikan catatan tentang hal tersebut pada minuta akta asli yang menyebutkan tanggal dan nomor berita acara pembetulan, dan kemudian salinan tersebut harus dikirimkan kepada para pihak, sebagaimana dijelaskan di dalam pasal 51 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris.

Di dalam Pasal 16 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris disebutkan bahwa seorang Notaris harus mampu untuk bertindak jujur, seksama, mandiri, tidak berpihak dan menjaga kepentingan pihak yang terkait dalam perbuatan hukum.

Seorang Notaris juga memiliki kewenangan untuk membuat akta dalam bentuk minuta akta dan menyimpannya sebagai bagian dari protokol Notaris, dan Notaris menjamin kebenarannya. Namun Notaris tidak wajib menyimpan minuta akta dimaksud apabila akta tersebut dibuat dalam bentuk akta orisinil.

Layanan Kantor Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)

Pejabat Pembuat Akta Tanah, Selanjutnya Disebut PPAT, adalah Pejabat Umum yang Diberi Kewenangan untuk Membuat Akta-Akta Otentik Mengenai Perbuatan Hukum Tertentu Mengenai Hak Atas Tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun.

kantor-notaris-dan-ppat
Membantu Pengurusan Dan Pengesahan Dokumen Perjanjian Dan Perusahaan Anda

Sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1 Tahun 2006 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 Tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah, tugas pokok dan fungsi seorang Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) adalah melaksanakan sebagian dari kegiatan pendaftaran tanah dengan tugas pembuatan akta (otentik) sebagai bukti telah dilakukan perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun.

Sedangkan yang dijadikan dasar bagi pendaftaran perubahan data pendaftaran tanah yang diakibatkan oleh perbuatan hukum itu di daerah kerjanya yang ditentukan oleh pemerintah (kompetensi absolute) yakni kabupaten atau kota satu wilayah dengan wilayah kerja Kantor pertanahan.

Selanjutnya, akta-akta Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang menjadi alat bukti dan dasar perubahan data pendaftaran tanah berdasarkan Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1 Tahun 2006 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 Tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah antara lain akta jual beli, akta tukar menukar, akta hibah, akta pemasukan ke dalam perusahaan (inbreng), akta pembagian bersama, akta pemberian hak guna bangunan/ hak pakai atas tanah hak milik, akta pemberian hak tanggungan, dan akta pemberian kuasa membebankan hak tanggungan.

Layanan Kami

Setiap Proses Mendirikan Perusahaan Maupun Proses Pendaftaran Hak Atas Tanah Tentunya Membutuhkan Hadirnya Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang Amanah dan Berintegritas.

Hubungi Ibu Lina Marliyani 0811 8189 504, Saat Anda Membutuhkan Jasa Layanan Kantor Notaris dan PPAT di Kota Administrasi Jakarta Utara (Jakut), dan kami SIAP MEMBANTU Pengurusan dan Pengesahan Dokumen Perjanjian Anda.

Kami Melayani Jasa Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Seluruh Wilayah di Provinsi Daerah Khusus Ibukota DKI Jakarta, termasuk Kecamatan Cilincing, Kecamatan Kelapa Gading, Kecamatan Koja, Kecamatan Pademangan, Kecamatan Penjaringan, Kecamatan Tanjung Priok, Serta Seluruh Wilayah di Kota Administrasi Jakarta Utara, Provinsi Daerah Khusus Ibukota DKI Jakarta.

Silakan Hubungi Ibu Lina Marliyani 0811 8189 504, Kantor Notaris dan PPAT di Kota Administrasi Jakarta Utara

notaris-dan-ppat
Layanan Kantor Notaris PPAT di Kota Administrasi Jakarta Timur

Segera Kontak Ibu Lina Marliyani 0811 8189 504, Kantor Notaris dan PPAT di Kota Administrasi Jakarta Utara

Kami Juga Memberikan Layanan Sebagai Berikut:
Cara Membuat Akta Notaris PPAT di Kota Administrasi Jakarta Barat
Biaya Jasa Notaris PPAT di Kota Administrasi Jakarta Barat
Layanan Kantor Notaris dan PPAT Terdekat di Kota Administrasi Jakarta Barat

Eksistensi Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) selalu memberikan dorongan dan motivasi bagi masyarakat dan pelaku usaha. Sinergi yang baik antara Notaris dan PPAT dengan masyarakat akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang baik bagi dunia usaha. Untuk itu, Kantor Notaris dan PPAT di Kota Administrasi Jakarta Utara memiliki komitmen selalu Mendukung Setiap Langkah Anda dalam Menjalankan Kegiatan Usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *